//ini source buat anti kopas //sampesini revantatio.blogspot.com: Apa itu bandwidth, baseband, broadband, narrowband?
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Rabu, 05 Januari 2011

Apa itu bandwidth, baseband, broadband, narrowband?

Bandwidth

      Bandwidth adalah suatu ukuran dari banyaknya informasi yang dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain dalam suatu waktu tertentu. Bandwidth dapat dipakaikan untuk mengukur baik aliran data analog mau pun aliran data digital. Sekarang telah menjadi umum jika kata bandwidth lebih banyak dipakaikan untuk mengukur aliran data digital. Satuan yang dipakai untuk bandwidth adalah bits per second atau sering disingkat sebagai bps. Seperti kita tahu bahwa bit atau binary digit adalah basis angka yang terdiri dari angka 0 dan 1. Satuan ini menggambarkan seberapa banyak bit (angka 0 dan 1) yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat yang lain dalam setiap detiknya melalui suatu media
     
     Bandwidth adalah konsep pengukuran yang sangat penting dalam jaringan, tetapi konsep inimemiliki kekurangan atau batasan, tidak peduli bagaimana cara Anda mengirimkan informasi maupun media apa yang dipakai dalam penghantaran informasi. Hal ini karena adanya hukum fisika maupun batasan teknologi. Ini akan menyebabkan batasan terhadap panjang media yang dipakai,kecepatan maksimal yang dapat dipakai, mau pun perlakuan khusus terhadap media yang dipakai.


Baseband

      Baseband adalah pengiriman informasi digital melalui kanal komunikasi low pass. low-pass.  Pulsa Pulsa-pulsa untuk transmisi baseband:

  1. Jika pulsa yang sangat sempit dimasukkan ke kanal pada waktu t=0, maka keluaran kanal berapa sinyal h(t) yang disebut respon impuls kanal kanal.
  2. Semakin besar W, lebar pulsa s(t) semakin kecil kecil. Semakin sempit jarak antar pulsa masukan masukan, maka semakin tinggi laju data.
  3. Jika pulsa pulsa yang sangat-sangat sempit dimasukkan ke kanal  pada waktu t=0, maka keluaran kanal berapa sinyal h(t) yang disebut respon lsimpuls kanal.





Boardband

      Boardband adalah suatu Frekuensi jalur lebar yang mampu memindahkan lebih banyak data dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan frekuensi yang lebih sempit (narrowband), teknologi yang tergolong dalam jenis ini diantaranya adalah sinyal televisi, televisi kabel, SONET, dan sebagainya, istilah ini juga dikenal dengan wideband channel. Perkembangan jalaur boardband saat ini contohnya sebagai media perantara pegaksesan internet seperti HSDPA dan 3G, TV digital, dan sistem navigasi digital dengan menggunakan data digital. Dukungan dan fitur boardband lebih murah dan rebih userfrienly dibanding dengan koneksi dengan jalur lain. Kecepatan boardband berfariasi tergantung service provider yang mensuportnya, ada yang baerbandwith 3mbps 7,2 mbps hingga 21 mbps.

Narrowband

      Narrowband adalah merupakan pita dengan saluran sempit. Dengan kemampuan kecil. Defenisi dari narrowband ini berbeda-beda dari berbagai industri. Contoh teknologi yang tergolong narrowband ini: T-1 pada 1,54 Mps melalui media fiber optik, infra merah, gelombang mikro atau dua pasang kabel. contoh :
  1. Jalur telepon analog pada 3000 Hz, pada POTS (Plain Old Telephone Service), atau infrastruktur telepon biasa. Untuk memanfaatkan data digital pada teknologi ini ditambahkan perangkat modem, yang berfungsi untuk membawa data dari komputer digital
  2. BRI ISDN pada 144 kbps. Dua jalur untuk suara dan data, masing-masing pada 64 kbps. Satu jalur untk sinyal 16 kbps. 
Berbagai sumber!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar